Contents
Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 10 Halaman 7 (Kunci Jawaban)
Tugas
Ayo Identifikasi
1. Kalian sudah mendapatkan pengetahuan mengenai besaran, satuan,
dan dimensi. Perhatikan kembali Gambar 1.4. Kemudian, isilah tabel
berikut ini.
*Isilah dengan pilihan: Besaran Pokok atau Besaran Turunan.
2. Perhatikanlah Gambar 1.3 (a) dan Gambar 1.3 (b). Alat ukur pada
kedua gambar tersebut mengukur besaran yang sama. Lihat pula
tabel pada soal nomor 1, terdapat alat ukur yang memiliki dimensi
yang sama. Jelaskan pendapatmu, mengapa harus ada kedua alat ukur
yang berbeda untuk besaran yang sama
Baca Juga: Kunci Jawaban IPA kurikulum merdeka kelas 10 aktifitas 1.2
Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 10 Halaman 7 (Kunci Jawaban)
Jawaban
Di soal nomor 1 aktivitas 1.2, kalian diminta untuk mengisi tabel yang berisi nama alat ukur, besaran yang diukur, jenis besaran, satuan pada alat, satuan dalam SI, dan dimensi.
Oleh karena tabel yang harus dibuat ada beberapa kolom ke samping, halaman ini tidak muat, sehingga kakak tidak akan menuliskannya dalam bentuk tabel.
Jadi, kalian sendiri yah nanti yang membuatkannya tabel di buku latihan, masukkan saja data-data berikut ini:
a. Nama Alat Ukur: Neraca Ohaus
Besaran yang diukur: massa
Jenis Besaran: Besaran Pokok
Satuan pada alat: Gram
Satuan dalam SI: Kilogram (kg)
Dimensi: [M]
b. Nama Alat Ukur: Meteran
Besaran yang diukur: Panjang
Jenis Besaran: Besaran Pokok
Satuan pada alat: milimeter (mm), centimeter (cm), inchi, meter (m)
Satuan dalam SI: meter (m)
Dimensi: [L]
c. Nama Alat Ukur: Stopwatch
Besaran yang diukur: Waktu
Jenis Besaran: Besaran Pokok
Satuan pada alat: sekon atau detik
Satuan dalam SI: sekon atau detik
Dimensi: [T]
d. Nama Alat Ukur: Termometer
Besaran yang diukur: Suhu
Jenis Besaran: Besaran Pokok
Satuan pada alat: Celcius (0C)
Satuan dalam SI: Kelvin (K)
Dimensi: [θ]
e. Nama Alat Ukur: Amperemeter
Besaran yang diukur: Kuat arus listrik
Jenis Besaran: Besaran Pokok
Satuan pada alat: Miliampere (mA), Ampere (A)
Satuan dalam SI: Ampere
Dimensi: [I]
f. Nama Alat Ukur: Luxmeter
Besaran yang diukur: Intensitas cahaya
Jenis Besaran: Besaran pokok
Satuan pada alat: Lux
Satuan dalam SI: Candela (cd)
Dimensi: [J]
g. Nama Alat Ukur: Jangka Sorong
Besaran yang diukur: Panjang
Jenis Besaran: Besaran pokok
Satuan pada alat: milimeter (mm), centimeter (cm), dan inchi
Satuan dalam SI: meter (m)
Dimensi: [L]
h. Nama Alat Ukur: Speedometer
Besaran yang diukur: kelajuan
Jenis Besaran: Besaran pokok
Satuan pada alat: kilometer per jam (km/h)
Satuan dalam SI: meter per sekon (m/s)
Dimensi: [L][T]-1
i. Nama Alat Ukur: Tensimeter
Besaran yang diukur: Tekanan
Jenis Besaran: Besaran Turunan
Satuan pada alat: milimeter air raksa (mmHg)
Satuan dalam SI: Pascal (Pa)
Dimensi: [M][T]-2[L]-1
j. Nama Alat Ukur: Gelas Ukur
Besaran yang diukur: Volume
Jenis Besaran: Besaran Turunan
Satuan pada alat: mililiter (ml)
Satuan dalam SI: meter kubik (m3)
Dimensi: [L]3
k. Nama alat ukur: Mikrometer Sekrup
Besaran yang diukur: Panjang
Jenis Besaran: Besaran Pokok
Satuan pada alat: milimeter (mm)
Satuan dalam SI: meter (m)
Dimensi: [L]
l. Nama alat ukur: Manometer
Besaran yang diukur: tekanan
Jenis Besaran: Besaran Turunan
Satuan pada alat: bar
Satuan dalam SI: Pascal (Pa)
Dimensi: [M][T]-2[L]-1
Nah, jawaban pertanyaan nomor 1 sudah selesai, sekarang kita lanjutkan ke jawaban pertanyaan nomor 2 yang berbunyi:
Mengapa harus ada dua alat ukur yang berbeda untuk besaran yang sama?
Jadi, alasannya adalah karena perbedaan objek yang akan diukur sehingga alat ukurnya dibuat berbeda untuk memudahkan proses pengukuran, meskipun sama-sama mengukur massa.
Gambar 1.3 (a) adalah kegiatan mengukur massa balita, sehingga alat ukur yang cocok digunakan adalah timbangan gantung agar bisa dipasangi ayunan untuk memudahkan pengukuran massa bayi.
Sedangkan, gambar 1.3 (b) adalah kegiatan mengukur massa jualan di pasar, sehingga lebih cocok menggunakan timbangan duduk karena proses pengukurannya lebih simpel.
Gimana, sangat mudah bukan menjawab pertanyaan dalam aktivitas 1.2? Langsung saja pindahkan jawaban-jawaban di atas ke buku latihan kalian.
Sekian dulu pembahasan soal aktivitas 1.2 Buku IPA kelas 10 SMA, bagikan ke semua MEDSOS yang kalian punya agar teman yang lain bisa membacanya.
Langsung Saja Lanjut ke: Jawaban Aktivitas 1.3.
Terima kasih, semoga bermanfaat.
kunci jawaban Buku Ilmi Pengetahuan Alam (IPA) Kurikulum Merdeka Kelas 10 Tugas Halaman 7 Aktivitas 1.2 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku Ilmi Pengetahuan Alam (IPA) Kurikulum Merdeka Kelas 10 Tugas Halaman 7 Aktivitas 1.2 SMA/SMK. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar Yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka Belajar. Kunci Jawaban Ilmi Pengetahuan Alam (IPA) Kurikulum Merdeka Kelas 10 Tugas Halaman 7 Aktivitas 1.2, Kunci Jawaban Ilmi Pengetahuan Alam (IPA) Kurikulum Merdeka Kelas 10 Tugas Halaman 7 Aktivitas 1.2 Tentang Macam-macam Pengukuran ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar Yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum merdeka belajar. Kunci Jawaban Ilmi Pengetahuan Alam (IPA) Kurikulum Merdeka Kelas 10 Tugas Halaman 7 Aktivitas 1.2,.
Jangan Lupa Beri Rating, Agar Admin Sering Updet, juga kamu bisa request soal agar dikerjakan dengan cara komen di kolomkomentar yah...